BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Kemampuan pengenalan peserta didik
diarahkan untuk mencapai kompentensi
pemahaman terhadap seluk beluk kondisi awal peserta didik sebagai
individu yang termasuk kesulitan yang dihadapi
siswa sesuai dngan konteks sosial
kultural dalam lingkungan masyarakat yang majemuk.
Sementara itu, untuk mencapai
kemampuan pembelajaran yang mendidik diarahkan kepada pengelolaan pembelajaran
yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik, sebagai rujukan awal serta
pembentukan manusia masa depan sebagai rujukan jangka panjang yang bermuara
pada pembentukan belajar mandiri dalam konteks kepribadian yang utuh.
Sedangkan kemampuan pengembangan
keprofesionalan diarahkan untuk mencapai kecenderungan untuk melaksanakan
kemasalahan peserta didik dalam setiap keputusan dan tindakan, berprakarsa dan
tanggung jawab memutakhirkan kemampuan secara mandiri sebagai pekerja
profesional maupun pribadi. Untuk mencapai kemampuan tersebut diatas, maka akan
dilaksanakan dengan cara mengintegrasikan kegiatan observasi pada mata kuliah
Pkn dengan terjun langsung kesekolah dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Dalam proses pengajaran ini memerlukan suatu strategi belajar mengajar
yang sesuai. Mutu pengajaran tergantung pada pemilihan strategi yang tepat
dalam upaya mengembangkan kreativitas dan sikap inovatif subjek didik. Untuk
itu perlu dibina dan dikembangkan kemampuan professional guru untuk mengelola
program pengajaran dengan strategi belajar yang bervariasi dan kreatif.
B.Tujuan
1.Mengetahui
hal-hal yang belum pernah diketahui sebelumnya.
2.Mempelajari lebih dalam hal-hal
yang akan dibahas.
3.Mampu menerapkan hasilnya dalam
kehidupan sehari-hari
4.Menambah wawasan pengetahuan.
5.Mengamalkan hasilnya untuk
kepentingan umum
C.Manfaat
Adapaun
manfaat dari kegiatan observasi ini yaitu:
1.
Memberikan
pengetahuan secara langsung mengenai proses pembelajaran khususnya mata
pelajaran Pkn di SD atau MI.
2.
Memberikan
pemahaman tentang proses analisis untuk sebuah penelitian pembelajaran.
3.
Memberikan
pengalaman baru dan memberikan motivasi akan pemahaman mengenai proses
pembelajaran serta pemahamannya dalam merumuskan strategi pembelajaran.
4.
Meningkatkan
kompetensi penulis dalam menyusun sebuah laporan observasi.
5.
Sebagai
bahan pertimbangan dalam menyusun pembelajaran yang baik.
D.Waktu dan Tempat Observasi
Waktu
Observasi: 10 april 2015
Tempat: SDN 3 Sidodadi Lampung timur
BAB II
PROFIL
A.Profil Sekolah
1.Nama
Sekolah :SDN 3
Sidodadi
2.Alamat
Sekolah :Desa Sidodadi
Kec.Sekampung Kab.Lampung Timur
3.NSS :101120403276
4.NPSN :10805818
5.Tahun
Berdiri :1983
6.Luas
Tanah :2800 m
7.Status
Bangunan :Milik Sendiri /
Permanen
B.Profil Kepala Sekolah
1.Nama :Samhadi,S.Pd
2.NIP :195508131979101001
3.Tempat
dan Tanggal Lahir :Yosodadi,13 Agustus
1955
4.Pangkat/Golongan
ruang :Pembina / IV A
5.Pendidikan
Terakhir :S1
6.Jurusan :Pendidikan
Sejarah
7.Alamat
Rumah :Sumber
Rejo,Kecamatan Batanghari
Kabupaten
Lampung Timur
C.Profil Guru Pengajar
1.Nama :Titin
Maylina,S.Pd.SD
2.Tempat
Tanggal Lahir :Sekampung,30 Mei
1985
3.Pendidikan
Terakhir :S1
4.Lulus :2006
5.Kelas :VI
(Enam)
6.Metode
Pembelajaran :KTSP
7.Jabatan :Guru Kelas6
8.Alamat :Desa
Batangharjo Kec.Batanghari Kab.Lampung Timur
D.Visi Misi Sekolah
1.Visi
Sekolah
Berdasarkan Visi Pemerintah Daerah
Kabupaten Lampung Timur “Terciptanya kehidupan masyarakat yang mampu memenuhi
kebutuhan dasar (Basic needs) bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Lampung
Timur,serta memiliki daya saing yang tinggi dibidang ekonomi,sosial,budaya,Ilmu
pengetahuan dan tehnologi” serta mengacu pada Visi Dinas Pendidikan Pemuda dan
Olahraga Kabupaten Lampung Timur “Mewujudkan aparatur pendidikan pemuda dan
olahraga yang profesional dan berkualitas untuk menciptakan sumber daya manusia
yang cerdas dan kopentetip menuju masyarakat yang madani dibumi tuah
Bepadan”,serta seiring dengan Visi UPTD Pendidikan Pemuda dan Olahraga
Kecamatan sekampung “Terbentuknya
manusia pendidik sebagai pengelola pendidikan yang profesional untuk menciptakan
peserta didik yang ber IMTAK dan ber IPTEK” mengingat perkembangan dan
tantangan masa depan antara lain: perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi,globalisasi yang sangat cepat,era informasi,dan tuntutan implementasi kurikulum 2013 pada kelas I,II,IV,V SDN 3
Sidodadi memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan
dimasa mendatang yang diwujudkan dalam visi sekolah berikut:
“Terwujudnya
peserta didik yang cerdas dalam bidand pengetahuan,kecakapan hidup dan berbudi
pekerti untuk menuju siswa yang berakhlak mulia berbudaya dan berkarakter
bangsa”
2.Misi Sekolah
Misi yang akan diemban oleh SD Negeri 3
Sidodadi sebagai berikut:
·
Mengembangkan sikap dan perilaku
religiusitas dilingkungan dalam dan luar sekolah.
·
Meningkatkan minat baca,baca tulis dan
berhitung serta pengetahuan sosial berdasarkan pada kopetensi dasar dan
pengembanganya.
·
Mewujudkan pembelajaran yang aktif
,inopatif,kreatif,efektif,dab bermakna.
·
Membiasakan berprilaku yang baik sesuai
dengan nilai-nilai yang berlaku dimasyarakat seperti:sikap saling tolong
menolong,saling membantu dan saling menghormati.
·
Meningkatkan mutu lulusan yang siap
bersaing dijenjang pendidikan berikutnya.
·
Membiasakan diri untuk berfikir
aktif,brkreatif dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.
·
Membiasakan siswa untuk berwirausaha dan
berekonomi kreatif dalam prilaku kehidupan sehari-hari.
E. Data sekolah
No
|
Kelas
|
Perkembangan
siswa
|
Rg.kelas
|
||||
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
||
1
|
I
|
25
|
15
|
16
|
1
|
1
|
1
|
2
|
II
|
20
|
20
|
16
|
1
|
1
|
1
|
3
|
III
|
20
|
19
|
20
|
1
|
1
|
1
|
4
|
IV
|
23
|
19
|
20
|
1
|
1
|
1
|
5
|
V
|
27
|
24
|
19
|
1
|
1
|
1
|
6
|
VI
|
31
|
27
|
24
|
1
|
1
|
1
|
JUMLAH
|
146
|
124
|
115
|
6
|
6
|
6
|
F. Data guru
NO
|
Ijazah
terakhir
|
Jumlah
guru tetap
|
Jumlah
guru tidak tetap
|
Jumlah
penjaga sekolah
|
jumlah
|
1
|
SD
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
SMP
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
SMA
|
2
|
-
|
-
|
2
|
4
|
D.II
|
1
|
-
|
-
|
1
|
5
|
D.III
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
S.1
|
3
|
4
|
-
|
7
|
7
|
S.2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
JUMLAH
|
6
|
4
|
-
|
10
|
G.Data Sarana dan prasarana
NO
|
Mama
Bangunan
|
Jumlah
|
Kondisi
bangunan
|
||
Baik
|
Rusak
ringan
|
Rusak
berat
|
|||
1
|
Ruang kelas/ruang belajar
|
6
|
3
|
3
|
-
|
2
|
Ruang perpustakaan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Ruang kepala sekolah
|
1
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Ruang guru
|
1
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Ruang uks
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Mushola
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7
|
Rumah dinas
|
4
|
-
|
-
|
-
|
8
|
Sumur/wc
|
1
|
-
|
-
|
-
|
BAB III
PEMBAHASAN
A.
Pembelajaran
PKN di SDN 3 sidodadi
Dari hasil observasi yang telah dilakukan di SDN 3
sidodadi pada tanggal 10 april 2015.Kami melakukan analisis akan proses
pembelajaran PKN di SD tersebut. Pembelajaran PKN yang kami amati yaitu pada
kelas VI.
Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Kegiatan
awal
a. Membuka
pelajaran
Langkah pertama guru
masuk dan salah satu siswa yang bertindak sebagai ketua kelas memimpin untuk
berdo’a,setelah berdo’a dilanjutkan memberi salam kepada guru.
b. Pesiapan
pembelajaran
Dalam kegiatan ini guru
mengajak peserta didik untuk menyiapkan segala peralatan pembelajaran seperti
buku paket,buku tulis,dan lain sebagainya.
2. Kegiatan
inti
a. Penjelasan
materi
Dalam hal ini guru
memulai dengan melakukan pengulasan materi yang sebelumnya. Kemudian guru
menjelaskan materi yang akan dibahas. Adapun metode atau media yang digunakan
kurang begitu mendapatkan perhatian,jadi bisa dikatakan bahwa metode yang
digunakan hanya ceramah dan tanya jawab. Dalam menjelaskan materi guru tidak
hanya berpedoman pada buku paket yang telah ada tetapi juga disertai dengan
gambaran berupa cerita atau contoh nyata dikehidupan sehari-hari yang berkaitan
dengan materi yang disampaikan. Selain itu dalam penyampaian materi belajar
guru menyelipkan guyonan gar peserta didik tidak bosan saat kegiatan belajar
mengajar sedang berlangsung.
3. Kegiatan
akhir
a. Guru
memberikan waktu kepada peserta didik untuk melaksanakan tanya jawab.
b. Guru
memberikan tugas mengenai materi yang disampaikan.
c. Guru
dan peserta didik bersama-sama membahas tugas yang diberikan.
d. Guru
beserta peserta didik membuat kesimpulan mengenai materi yang disampaikan pada
sat itu.
e. Kemudian
guru menutup kegiatan belajar mengajar.
B.
Metode
dan media pembelajran yang digunakan di SDN 3 Sidodadi
1. Metode
Pembelajaran
Telah kita ketahui
bahwa metode pembelajaran merupakan cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan
dalam proses belajar mengajar. Pada observasi yang telah kami lakukan metode
yang digunakan pada SDN 3 Sidodadi merupakan KTSP 2006.
2. Media
pembelajaran
Dalam kegiatan belajar
mengajar media yang digunakan yaitu hanya buku paket pelajaran pkn dn
menggunakan papan tulis saja. Penyajian materi dilakukan dengan membaca dan
memberikan contoh-contoh yang nyata dikehidupan sehari-hari yang berkaitan
dengan materi yang disampaikan.
C.
Hasil
Observasi RPP
Berdasarkan hasil observasi kelas VI,
SDN 03 Sidodadi Lampung timur, diperoleh kesesuaian perumusan hasil
pembelajaran, pemilihan materi ajar, pengorganisasian mater ajar, pemilihan
sumber/media pembelajaran, kejelasan skenario pembelajaran, kesesuaian tekhnik
pembelajaran dan kelengkapan instrumen dengan nilai rata-rata adalah 4 dengan
predikat Baik. Jadi dapat diketahui
bahwa perumusan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) di SDN 03 Sidodadi
Lampung Timur adalah Baik.
D.
Hasil
Observasi Kegiatan Pembelajaran
Berdasarkan hasil observasi kelas VI,
SDN 03 Sidodadi Lampung Timur, diperoleh data bahwasanya dalam aspek pra
pembelajaran yang meliputi persiapan siswa untuk belajar dan melakukan kegiatan
apersepsi, dan aspek kegiatan inti pembelajaran yang meliputi penguasaan materi
pelajaran, pendahuluan/strategi pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar/ media
pembelajaran, pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa,
penilaian proses hasil belajar dan penggunaan bahasa, serta dari aspek penutup
yang meliputi refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa dan
melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas
sebagai bagian remidi atau pengayaan diperoleh skor rata-rata yaitu 4,25 dengan
predikat Baik. Jadi dengan hal itu
dapat diketahui bahwa perencanaan kegiatan pembelajaran di SDN 03 Sidodadi Lampung
Timur adalah Baik.
E.
Hasil
Observasi Pelaksanaan Pembelajaran
Dari hasil observasi kelas VI, SDN 03
Sidodadi Lampung Timur, diperoleh data bahwasanya dalam kegiatan awal yang
meliputi mengingatkan/mennetukan kesepakatan kelas, melakukan demonstrasi dengan
benda kongkrit untuk membangkitkan perhatian siswa, menggunakan strategi
bertanya dan balikan untuk membangkitkan minat siswa, memberikan kesempatan
untuk menghubungkan konsep dengan pengalaman dan pengetahuan awalnya,
menghubungkan materi yang dipelajari dengan aplikasi teknologi dan kehidupan,
mengarahkan tujuan dan garis besar pembelajaran, yang terdiri atas antusiasme
guru dengan aspek yang meliputi berbicara dengan ekspresif dan empatik,
melakukan variasi posisi berdiri di kelas, melakukan gerak tubuh utamanya
(gesture) tubuh dan tangan, menggunakan humor, berbicara dengan spontan/ lepas,
jelas, dan lancar, dan interaksi yang terdiri atas aspek menunjuk siswa dengan
menyebut namanya, ramah dan akrab dengan siswa, menggunakan strategi bertanya
dengan baik, memberikan reward pada gagasan yang baik, toleran terhadap
pandangan yang salah, memberikan balikan atau koreksi terhadap pandangan siswa,
memberikan perhatian kepada semua siswa, mendorong interaksi antara siswa
dengan siswa lain, serta kegiatan inti yang terdiri atas mengerahkan siswa
melakukan eksplorasi terdiri atas aspek mengelola kelas, individual,
pengelompokan siswa secara aktif dan efisien, menjelaskan garis besar kegiatan
kepada siswa, memanfaatkan lembar kerja untuk membantu siswa melakukan
aktivitas, aktif memantau aktivitas siswa, membantu siswa membangun konsep,
membaimbing siswa berbagi pengalaman, membimbing siswa membuat kesimpulan, dan
dari memberikan penguatan dengan aspek melakukan presentasi dengan jelas,
memberikan contoh-contoh kongkrit dari konsep, memberikan aplikasi konsep pada
perkembangan teknologi dan kehidupan, memberikan tekanan pada hal-hal penting,
memperluas wawasan siswa tentang konsep, memberikan kesempatan pada siswa untuk
bertanya, dan dari metode pembelajaran dengan aspek memanfaatkan berbagai
strategi pembelajaran, menggunakan multi metode pembelajaran, kemudian dari
pengelolaan bahan dengan aspek mampu mengkoordinasi kegiatan-kegiatan siswa
dengan baik, mendemonstrasikan kesadaran dan senditivitas untuk melibatkan
semua siswa, mampu mendorong siswa tertib karena kesadaran, melibatkan siswa
dalam mengelola hasil karya atau pajangan, kemudian data kegiatan penutup
dengan aspek memberikan kepada siswa untuk mengekspresikan pemahamannya dan
menguji pemahaman siswa, diperoleh data hasil rata-rata yaitu 4 dengan predikat
Baik. Jadi dengan hal ini,
pelaksanaan pembelajaran di SDN 03 Sidodadi, Lampung Timur adalah Baik.
BAB
IV
KESIMPULAN dan REKOMENDASI
A.Kesimpulan
Dari
hasil observasi yang telah kami lakukan dapat disimpulkan bahwa proses belajar
mengajar di SDN 3 Sidodadi khususnya mata pelajaran PKN sudah cukup baik dalam penyampaian metode dan
media yang digunakan guru dalam menyampaikan bahan ajarnya. Semangat belajar
para peserta didik sudah sangat besar,meskipun dalam keterbatasan sarana
prasarana dan tenaga pengajar di sekolah tersebut,para peserta didik tidak
pernah patah semangat untuk menuntut ilmu setiap harinya.
B.Rekomendasi
Berdasarkan
observasi yang telah kami lakukan kami memberikan saran bahwasanya dalam proses
kegiatan pembelajar khususnya Pkn,kita harus memperhatikan karakteristik dari
peserta didik.Selain itu untuk memaksimalkan proses pembelajaran sebaiknya
pihak sekolah harus berupaya untuk bisa bernegoisasi agar sekolah tersebut bisa
mendapatkan media pembelajaran yang berguna untuk kegiatan belajar mengajar.
Kegiatan
observasi seperti inilah yang sangat membantu mahasiswa dalam persiapan untuk
menjadi tenaga pengajar yang profesional yang berkualitas,oleh karena itu
pelaksanaan observasi ini akan lebih baik dan bermanfaat lagi jika dalam
pembelajaran sering diadakan.Baik dalam mata kuliah pkn atau yang lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar