Selasa, 14 Juni 2016

Contoh Laporan Observasi



BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Kemampuan pengenalan peserta didik diarahkan untuk mencapai kompentensi  pemahaman terhadap seluk beluk kondisi awal peserta didik sebagai individu yang termasuk kesulitan  yang dihadapi siswa sesuai dngan konteks sosial  kultural dalam lingkungan masyarakat yang majemuk.
Sementara itu, untuk mencapai kemampuan pembelajaran yang mendidik diarahkan kepada pengelolaan pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik, sebagai rujukan awal serta pembentukan manusia masa depan sebagai rujukan jangka panjang yang bermuara pada pembentukan belajar mandiri dalam konteks kepribadian yang utuh.
Sedangkan kemampuan pengembangan keprofesionalan diarahkan untuk mencapai kecenderungan untuk melaksanakan kemasalahan peserta didik dalam setiap keputusan dan tindakan, berprakarsa dan tanggung jawab memutakhirkan kemampuan secara mandiri sebagai pekerja profesional maupun pribadi. Untuk mencapai kemampuan tersebut diatas, maka akan dilaksanakan dengan cara mengintegrasikan kegiatan observasi pada mata kuliah Pkn dengan terjun langsung kesekolah dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Dalam proses pengajaran ini memerlukan suatu strategi belajar mengajar yang sesuai. Mutu pengajaran tergantung pada pemilihan strategi yang tepat dalam upaya mengembangkan kreativitas dan sikap inovatif subjek didik. Untuk itu perlu dibina dan dikembangkan kemampuan professional guru untuk mengelola program pengajaran dengan strategi belajar yang bervariasi dan kreatif.

B.Tujuan
            1.Mengetahui hal-hal yang belum pernah diketahui sebelumnya.
            2.Mempelajari lebih dalam hal-hal yang akan dibahas.
            3.Mampu menerapkan hasilnya dalam kehidupan sehari-hari
            4.Menambah wawasan pengetahuan.
            5.Mengamalkan hasilnya untuk kepentingan umum
C.Manfaat
            Adapaun manfaat dari kegiatan observasi ini yaitu:
1.      Memberikan pengetahuan secara langsung mengenai proses pembelajaran khususnya mata pelajaran Pkn di SD atau MI.
2.      Memberikan pemahaman tentang proses analisis untuk sebuah penelitian pembelajaran.
3.      Memberikan pengalaman baru dan memberikan motivasi akan pemahaman mengenai proses pembelajaran serta pemahamannya dalam merumuskan strategi pembelajaran.
4.      Meningkatkan kompetensi penulis dalam menyusun sebuah laporan observasi.
5.      Sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun pembelajaran yang baik.
D.Waktu dan Tempat Observasi
            Waktu Observasi: 10 april 2015
            Tempat: SDN 3 Sidodadi  Lampung timur


 
BAB II
PROFIL
A.Profil Sekolah
1.Nama Sekolah                      :SDN 3 Sidodadi
2.Alamat Sekolah                    :Desa Sidodadi Kec.Sekampung Kab.Lampung Timur
3.NSS                                      :101120403276
4.NPSN                                   :10805818
5.Tahun Berdiri                       :1983
6.Luas Tanah                           :2800  m
7.Status Bangunan                  :Milik Sendiri / Permanen
B.Profil Kepala Sekolah
1.Nama                                    :Samhadi,S.Pd           
2.NIP                                      :195508131979101001
3.Tempat dan Tanggal Lahir   :Yosodadi,13 Agustus 1955
4.Pangkat/Golongan ruang     :Pembina / IV A
5.Pendidikan Terakhir             :S1
6.Jurusan                                 :Pendidikan Sejarah
7.Alamat Rumah                     :Sumber Rejo,Kecamatan Batanghari                        
                                                Kabupaten Lampung Timur

C.Profil Guru Pengajar
1.Nama                                    :Titin Maylina,S.Pd.SD
2.Tempat Tanggal Lahir          :Sekampung,30 Mei 1985
3.Pendidikan Terakhir             :S1
4.Lulus                                    :2006
 5.Kelas                                   :VI (Enam)
6.Metode Pembelajaran          :KTSP
7.Jabatan                                 :Guru Kelas6
8.Alamat                                 :Desa Batangharjo Kec.Batanghari Kab.Lampung Timur

D.Visi Misi Sekolah
1.Visi Sekolah
Berdasarkan Visi Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur “Terciptanya kehidupan masyarakat yang mampu memenuhi kebutuhan dasar (Basic needs) bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Lampung Timur,serta memiliki daya saing yang tinggi dibidang ekonomi,sosial,budaya,Ilmu pengetahuan dan tehnologi” serta mengacu pada Visi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lampung Timur “Mewujudkan aparatur pendidikan pemuda dan olahraga yang profesional dan berkualitas untuk menciptakan sumber daya manusia yang cerdas dan kopentetip menuju masyarakat yang madani dibumi tuah Bepadan”,serta seiring dengan Visi UPTD Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan sekampung  “Terbentuknya manusia pendidik sebagai pengelola pendidikan yang profesional untuk menciptakan peserta didik yang ber IMTAK dan ber IPTEK” mengingat perkembangan dan tantangan masa depan antara lain: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,globalisasi yang sangat cepat,era informasi,dan tuntutan implementasi kurikulum 2013 pada kelas I,II,IV,V SDN 3 Sidodadi memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan dimasa mendatang yang diwujudkan dalam visi sekolah berikut:
“Terwujudnya peserta didik yang cerdas dalam bidand pengetahuan,kecakapan hidup dan berbudi pekerti untuk menuju siswa yang berakhlak mulia berbudaya dan berkarakter bangsa”
2.Misi Sekolah
Misi yang akan diemban oleh SD Negeri 3 Sidodadi sebagai berikut:
·         Mengembangkan sikap dan perilaku religiusitas dilingkungan dalam dan luar sekolah.
·         Meningkatkan minat baca,baca tulis dan berhitung serta pengetahuan sosial berdasarkan pada kopetensi dasar dan pengembanganya.
·         Mewujudkan pembelajaran yang aktif ,inopatif,kreatif,efektif,dab bermakna.
·         Membiasakan berprilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku dimasyarakat seperti:sikap saling tolong menolong,saling membantu dan saling menghormati.
·         Meningkatkan mutu lulusan yang siap bersaing dijenjang pendidikan berikutnya.
·         Membiasakan diri untuk berfikir aktif,brkreatif dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.
·         Membiasakan siswa untuk berwirausaha dan berekonomi kreatif dalam prilaku kehidupan sehari-hari.
E. Data sekolah
No
Kelas
Perkembangan siswa
Rg.kelas
2012/2013
2013/2014
2014/2015
2012/2013
2013/2014
2014/2015
1
I
25
15
16
1
1
1
2
II
20
20
16
1
1
1
3
III
20
19
20
1
1
1
4
IV
23
19
20
1
1
1
5
V
27
24
19
1
1
1
6
VI
31
27
24
1
1
1
JUMLAH
146
124
115
6
6
6

F. Data guru
NO
Ijazah terakhir
Jumlah guru tetap
Jumlah guru tidak tetap
Jumlah penjaga sekolah
jumlah
1
SD
-
-
-
-
2
SMP
-
-
-
-
3
SMA
2
-
-
2
4
D.II
1
-
-
1
5
D.III
-
-
-
-
6
S.1
3
4
-
7
7
S.2
-
-
-
-
JUMLAH
6
4
-
10

G.Data Sarana dan prasarana
NO
Mama Bangunan
Jumlah
Kondisi bangunan
Baik
Rusak ringan
Rusak berat
1
Ruang kelas/ruang belajar
6
3
3
-
2
Ruang perpustakaan
-
-
-
-
3
Ruang kepala sekolah
1
-
-
-
4
Ruang guru
1
-
-
-
5
Ruang uks
-
-
-
-
6
Mushola
-
-
-
-
7
Rumah dinas
4
-
-
-
8
Sumur/wc
1
-
-
-




BAB  III
PEMBAHASAN

A.    Pembelajaran PKN di SDN 3 sidodadi

Dari hasil observasi yang telah dilakukan di SDN 3 sidodadi pada tanggal 10 april 2015.Kami melakukan analisis akan proses pembelajaran PKN di SD tersebut. Pembelajaran PKN yang kami amati yaitu pada kelas VI.

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran dapat dijelaskan sebagai berikut :

1.      Kegiatan awal
a.       Membuka pelajaran
Langkah pertama guru masuk dan salah satu siswa yang bertindak sebagai ketua kelas memimpin untuk berdo’a,setelah berdo’a dilanjutkan memberi salam kepada guru.
b.      Pesiapan pembelajaran
Dalam kegiatan ini guru mengajak peserta didik untuk menyiapkan segala peralatan pembelajaran seperti buku paket,buku tulis,dan lain sebagainya.
2.      Kegiatan inti
a.       Penjelasan materi
Dalam hal ini guru memulai dengan melakukan pengulasan materi yang sebelumnya. Kemudian guru menjelaskan materi yang akan dibahas. Adapun metode atau media yang digunakan kurang begitu mendapatkan perhatian,jadi bisa dikatakan bahwa metode yang digunakan hanya ceramah dan tanya jawab. Dalam menjelaskan materi guru tidak hanya berpedoman pada buku paket yang telah ada tetapi juga disertai dengan gambaran berupa cerita atau contoh nyata dikehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi yang disampaikan. Selain itu dalam penyampaian materi belajar guru menyelipkan guyonan gar peserta didik tidak bosan saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung.
3.      Kegiatan akhir
a.       Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk melaksanakan tanya jawab.
b.      Guru memberikan tugas mengenai materi yang disampaikan.
c.       Guru dan peserta didik bersama-sama membahas tugas yang diberikan.
d.      Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan mengenai materi yang disampaikan pada sat itu.
e.       Kemudian guru menutup kegiatan belajar mengajar.
B.     Metode dan media pembelajran yang digunakan di SDN 3 Sidodadi
1.      Metode Pembelajaran
Telah kita ketahui bahwa metode pembelajaran merupakan cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan dalam proses belajar mengajar. Pada observasi yang telah kami lakukan metode yang digunakan pada SDN 3 Sidodadi merupakan KTSP 2006.
2.      Media pembelajaran
Dalam kegiatan belajar mengajar media yang digunakan yaitu hanya buku paket pelajaran pkn dn menggunakan papan tulis saja. Penyajian materi dilakukan dengan membaca dan memberikan contoh-contoh yang nyata dikehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi yang disampaikan.
C.    Hasil Observasi RPP
Berdasarkan hasil observasi kelas VI, SDN 03 Sidodadi Lampung timur, diperoleh kesesuaian perumusan hasil pembelajaran, pemilihan materi ajar, pengorganisasian mater ajar, pemilihan sumber/media pembelajaran, kejelasan skenario pembelajaran, kesesuaian tekhnik pembelajaran dan kelengkapan instrumen dengan nilai rata-rata adalah 4 dengan predikat Baik. Jadi dapat diketahui bahwa perumusan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) di SDN 03 Sidodadi Lampung Timur adalah Baik.
D.    Hasil Observasi Kegiatan Pembelajaran
Berdasarkan hasil observasi kelas VI, SDN 03 Sidodadi Lampung Timur, diperoleh data bahwasanya dalam aspek pra pembelajaran yang meliputi persiapan siswa untuk belajar dan melakukan kegiatan apersepsi, dan aspek kegiatan inti pembelajaran yang meliputi penguasaan materi pelajaran, pendahuluan/strategi pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar/ media pembelajaran, pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa, penilaian proses hasil belajar dan penggunaan bahasa, serta dari aspek penutup yang meliputi refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa dan melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi atau pengayaan diperoleh skor rata-rata yaitu 4,25 dengan predikat Baik. Jadi dengan hal itu dapat diketahui bahwa perencanaan kegiatan pembelajaran di SDN 03 Sidodadi Lampung Timur adalah Baik.
E.     Hasil Observasi Pelaksanaan Pembelajaran
Dari hasil observasi kelas VI, SDN 03 Sidodadi Lampung Timur, diperoleh data bahwasanya dalam kegiatan awal yang meliputi mengingatkan/mennetukan kesepakatan kelas, melakukan demonstrasi dengan benda kongkrit untuk membangkitkan perhatian siswa, menggunakan strategi bertanya dan balikan untuk membangkitkan minat siswa, memberikan kesempatan untuk menghubungkan konsep dengan pengalaman dan pengetahuan awalnya, menghubungkan materi yang dipelajari dengan aplikasi teknologi dan kehidupan, mengarahkan tujuan dan garis besar pembelajaran, yang terdiri atas antusiasme guru dengan aspek yang meliputi berbicara dengan ekspresif dan empatik, melakukan variasi posisi berdiri di kelas, melakukan gerak tubuh utamanya (gesture) tubuh dan tangan, menggunakan humor, berbicara dengan spontan/ lepas, jelas, dan lancar, dan interaksi yang terdiri atas aspek menunjuk siswa dengan menyebut namanya, ramah dan akrab dengan siswa, menggunakan strategi bertanya dengan baik, memberikan reward pada gagasan yang baik, toleran terhadap pandangan yang salah, memberikan balikan atau koreksi terhadap pandangan siswa, memberikan perhatian kepada semua siswa, mendorong interaksi antara siswa dengan siswa lain, serta kegiatan inti yang terdiri atas mengerahkan siswa melakukan eksplorasi terdiri atas aspek mengelola kelas, individual, pengelompokan siswa secara aktif dan efisien, menjelaskan garis besar kegiatan kepada siswa, memanfaatkan lembar kerja untuk membantu siswa melakukan aktivitas, aktif memantau aktivitas siswa, membantu siswa membangun konsep, membaimbing siswa berbagi pengalaman, membimbing siswa membuat kesimpulan, dan dari memberikan penguatan dengan aspek melakukan presentasi dengan jelas, memberikan contoh-contoh kongkrit dari konsep, memberikan aplikasi konsep pada perkembangan teknologi dan kehidupan, memberikan tekanan pada hal-hal penting, memperluas wawasan siswa tentang konsep, memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya, dan dari metode pembelajaran dengan aspek memanfaatkan berbagai strategi pembelajaran, menggunakan multi metode pembelajaran, kemudian dari pengelolaan bahan dengan aspek mampu mengkoordinasi kegiatan-kegiatan siswa dengan baik, mendemonstrasikan kesadaran dan senditivitas untuk melibatkan semua siswa, mampu mendorong siswa tertib karena kesadaran, melibatkan siswa dalam mengelola hasil karya atau pajangan, kemudian data kegiatan penutup dengan aspek memberikan kepada siswa untuk mengekspresikan pemahamannya dan menguji pemahaman siswa, diperoleh data hasil rata-rata yaitu 4 dengan predikat Baik. Jadi dengan hal ini, pelaksanaan pembelajaran di SDN 03 Sidodadi, Lampung Timur adalah Baik.


BAB IV
KESIMPULAN dan REKOMENDASI
A.Kesimpulan
Dari hasil observasi yang telah kami lakukan dapat disimpulkan bahwa proses belajar mengajar di SDN 3 Sidodadi khususnya mata pelajaran PKN  sudah cukup baik dalam penyampaian metode dan media yang digunakan guru dalam menyampaikan bahan ajarnya. Semangat belajar para peserta didik sudah sangat besar,meskipun dalam keterbatasan sarana prasarana dan tenaga pengajar di sekolah tersebut,para peserta didik tidak pernah patah semangat untuk menuntut ilmu setiap harinya.

B.Rekomendasi
Berdasarkan observasi yang telah kami lakukan kami memberikan saran bahwasanya dalam proses kegiatan pembelajar khususnya Pkn,kita harus memperhatikan karakteristik dari peserta didik.Selain itu untuk memaksimalkan proses pembelajaran sebaiknya pihak sekolah harus berupaya untuk bisa bernegoisasi agar sekolah tersebut bisa mendapatkan media pembelajaran yang berguna untuk kegiatan belajar mengajar.
Kegiatan observasi seperti inilah yang sangat membantu mahasiswa dalam persiapan untuk menjadi tenaga pengajar yang profesional yang berkualitas,oleh karena itu pelaksanaan observasi ini akan lebih baik dan bermanfaat lagi jika dalam pembelajaran sering diadakan.Baik dalam mata kuliah pkn atau yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar