RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : MI Al-Qur’an
Mata
Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas/Semester : V (Lima) / I (Satu)
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit (2 Jam
Pelajaran)
Standar
Kompetensi :2. Beriman kepada hari akhir
(Kiamat)
A.
Kompetensi Dasar
2.1.
Mengenal adanya hari akhir (Kiamat)
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
2.1.1. Menjelaskan
pengertian hari akhir (Kiamat)
2.1.2. Menyebutkan
tanda-tanda hari akhir (Kiamat)
2.1.3. Menjelaskan
perbedaan kiamat sughra dan kubra
2.1.4. Menjelaskan
kehidupan setelah hari akhir (Kiamat)
C.
Tujuan Pembelajaran
2.2.1. Siswa
mampu menyebutkan pengertian hari akhir (Kiamat)
2.2.2. Siswa
mampu menyebutkan tanda-tanda hari akhir (Kiamat)
2.2.3. Siwa
mampu menjelaskan perbedaan kiamat sughra dan kubra
2.2.4. Siswa
mampu menjelaskan kehidupan setelah hari akhir (Kiamat)
D.
Materi Pembelajaran
Iman
kepada hari akhir (Kiamat)
E.
Metode Pembelajaran
Card sort
(Memilih dan memilah kartu)
F.
Media Pembelajaran
·
Laptop
·
LCD
·
Kertas karton dan spidol
·
Kartu indeks dan dabeltip
·
Gambar
·
Stopwatch
·
Spiker
G.
Sumber Belajar
Buku
paket Membina Akidah Akhlah untuk kelas V Madrasah Ibtidaiyah, karya wiyadi
(KTSP 2008) hal 25-35
H.
Langkah-langakah Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
a. Apersepsi
Dalam kegiatan ini,
guru:
Menyapa
siswa
Mengintruksikan
ketua kelas untuk memimpin do’a
Mengucapkan
salam
Mengabsen
kehadiran siswa
b. Motivasi
Dalam kegiatan ini, guru:
Mengondisikan
siswa untuk memulai pelajaran
Memberika
stimulus kepada siswa mengenai materi yang akan disampaikan
Menyampaikan
indikator tentang apa saja yang akan dipelajari
2. Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan ini, guru:
Menjelaskan
pengertia hari akhir (Kiamat)
Menyebutkan
tanda-tanda hari akhir (Kiamat)
Mengintruksikan
siwa untuk mencatat apa yang disampaikan oleh guru
Menjelaskan
perbedaan kiamat sugra dan kubra
Menyebutkan
tanda-tanda dari kiamat sugra dan kubra
Menunjukan
contoh kiamat sugra dan kubra dalam bentuk gambar
Menjelaskan
kehidupan setelah hari akhir (Kiamat)
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum jelas
Menjelaskan
strategi “Card sort” (Memilih dan
memilah kartu)
b. Elaborasi
Dalam kegiatan ini, guru:
Membagi
siswa dalam 2 kelompok
Meminta
4 orang perwakilan dari setiap kelompok untuk mengerjakan apa yang
diperintahkan
Setiap
kelompok diberi waktu 3 menit untuk menyelasaikan tugas yang diperintahkan
Anggota
kelompok yang tidak terpilih bertugas mengintruksikan jawaban yang benar kepada
setiap perwakilan kelompok
Mencatat
skor yang diperoleh masing-masing kelompok
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan ini, guru:
Memberikan
reward kepada kelompok yang
memperoleh poin terbanyak
Memberikan
tugas rumah kepada siswa
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan ini, guru:
Memberi
kesempatan kembali kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum jelas
Menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
Memberikan
motivasi
Menutup
pelajaran dengan salam
I.
Penilaian
1. Penilaian
Kelompok
·
Performance
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Partisipasi
|
-
Aktif Partisipasi
-
Kadang-kadang aktiv
-
Tidak Aktiv
|
4
2
1
|
2.
|
Kerjasama
|
-
Aktiv Kerjasama
-
Kadang-kadang aktiv
-
Tidak Aktiv
|
4
2
1
|
·
Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performance
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
(Kelompok)
|
|
partisipasi
|
Kerjasama
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
Catatan
:
Nilai
(Kelompok) = (Jumlah Skor Maksimal) X 100
2. Penilaian
Individu
No
|
Nama
Siswa
|
Nilai
(Individu)
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
Catatan
:
Nilai
(Individual) = Nilai X 10
3. Penilaian
Akhir
No
|
Nama Siswa
|
Nilai (Akhir)
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
Catatan
:
Nilai
(Akhir) = Nilai Kelompok + Nilai Individu
2
Metro,
13 Mei 2016
Mengetahui
Kepala MI Al-Qur’an Guru
Mata Pelajaran
Welly Pranata. M.Pd. Andini
Eka Putri
NIP: 1983120100501001 NPM
: 14119885
Tidak ada komentar:
Posting Komentar